Hujan bisa melibas saluran jadi mampet

Hujan bisa melibas saluran jadi mampet

Hujan bisa melibas saluran jadi mampet

New York dan Long Island terkena dampak yang begitu parah pada tahun 2012 oleh badai Sandy. New York Stock Exchange harus tutup hingga dua hari dan juga listrik kota sebagian mati. Namun salah satu yang perlu dikhawatirkan adalah struktur-struktur bawah tanah New York. Bila banjir datang maka struktur bawah tanah bisa terendam. Memang warga telah berhasil dievakuasi dari stasiun-stasiun bawah tanah dan stasiun bawah tanah telah ditutup, namun pencegahan air yang banyak masuk ke dalam stasiun perlu dilakukan, mengingat stasiun menggunakan listrik untuk menggerakkan keretanya. Saat ini Amerika sedang mengembangkan subway plugs untuk melawan banjir di terowongan dan stasiun bawah tanah mereka. Subway plugs adalah sebuah balon besar berisi udara yang dimampatkan untuk mencegah air masuk ke dalam. Benda ini dapat dengan sempurna mengembang kurang dari 12 menit. Sistemnya adalah dengan menggunakan sensor ketinggian air yang jika melebihi batas akan segera mengaktifkan balon ini. Pintu otomatis juga akan aktif bila terjadi banjir.

Selain pencegahan air masuk disiapkan di setiap stasiun bawah tanah, sistem pemompaan air yang telah masuk keluar juga perlu diperhatikan. Sistem pompa, perpipaan dan drainase air dalam stasiun bawah tanah juga perlu dirancang. Sistem ini juga perlu dilakukan perawatan yang ketat supaya ketika hujan datang, stasiun siap. Ini berbicara soal nyawa banyak orang.

Banjir di Terowongan MRT Singapore 7 Oktober 2017 (sumber: www.straitstimes.com)

Pekerja Memperbaiki Pipa SMRT (sumber: www.straitstimes.com)

Pipa Bocor SMRT(sumber: www.straitstimes.com)

Salah satu kejadian yang baru ini terjadi adalah bocornya pipa di MRT Singapore. Stasiun bawah tanah terendam banjir dan sempat lumpuh karena banjir ini. Banjir ini disebabkan adanya pipa air yang bocor. Pendeteksian dan perawatan perlu terus dilakukan secara berkala untuk menjaga agar tulang punggung transportasi kota dapat terus berjalan. Menurut Silvia Halim, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, ada empat stasiun yang rawan banjir yaitu Bundaran HI, Dukuh Atas, Setiabudi dan Bendungan Hilir. Pencegahan yang telah dirancang MRT Jakarta adalah dengan meninggikan pintu masuk. Ada pula flat gate barrier yang akan merespons otomatis terhadap banjir. Selain itu, stasiun juga dilengkapi dengan sump pit yang adalah lubang untuk menampung air yang terlanjur masuk ke stasiun. Air yang masuk ke dalam stasiun kemudian dikumpulkan pada suatu tempat dan akhirnya akan dipompa keluar untuk menjaga stasiun tetap kering.

Selain pengecekan kebocoran, perawatan juga perlu dilakukan bila terjadi penymbatan. Misalnya pada saluran drainase terjadi penyumbatan, dapat menggunakan drain cleaner. Alat ini dapat disesuaikan dengan ukuran pipa drainase dan juga panjang saluran yang tersumbat. Dan drain cleaner bisa mengatasi segala trouble cucian piring mampet, wc dan closed mampet, talang mampet, toilet kamar mandi mampet, bathub mampet, zink, floor drain mampet, walaupun lewat ubin / coran yang penting masih pipa PVC masih bisa di cover oleh drain cleaner tersebut.

saluran mampet cause banjir